Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 BARINGIN ANAM KECAMATAN BASO KABUPATEN AGAM

Rozalia Herlina, - (2020) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 BARINGIN ANAM KECAMATAN BASO KABUPATEN AGAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI FULL TANPA BAB IV.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
13.SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)

Abstract

ABSTRAK Rozalia Herlina, (2019): Pengaruh Pendekatan Matematika Realistic Indonesia terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Baringin Anam Kecamatan Baso Kabupaten Agam Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang di kelas V SDN 01 Baringin Anam. Penelitian ini dilatang belakangi atas rendahnya hasil belajar matematika pada materi bangun ruang. Sebagian besar siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal bangun ruang. Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Qroup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Baringin Anam.Sampel pada penelitian ini adalah kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri 01 Baringin Anam. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, maka di gunakan uji normalitas data,uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus uji “t”untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka diperoleh nilai t-hitung sebesar 4.404 dan nilai t-tabel pada taraf signifikan 5% =2,00 maka t-hitung> t–table atau 4.404 > 2,00 ini berarti bahwa ha diterima dan ho di tolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran volum balok dan kubus pada siswa kelas V SDN Baringin Anam Kabupaten Agam. Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik Indonesia, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2020 02:36
Last Modified: 24 Jan 2020 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25428

Actions (login required)

View Item View Item