Nur Samsi, - (2020) Penerapan Model Pembelajaran Berkirim Salam dan Soal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (721kB) |
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Nur Samsi , (2019): Penerapan Model Pembelajaran Berkirim Salam dan Soal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku bidang ilmu pengetahuan sosial melalui penerapan model pembelajaran berkirim salam dan soal Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran berkirim salam dan soal dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa model pembelajaran berkirim salam dan soal dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 66,50 dengan ketuntasan klasikal 45% atau tergolong kurang. Setelah menerapkan model pembelajaran berkirim salam dan soal pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 71,00 dengan ketuntasan klasikal 60% atau tergolong cukup. Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dengan rata-rata 80,00 dengan ketuntasan klasikal 85% atau tergolong sempurna. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berkirim salam dan soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata kunci: Model pembelajaran Berkirim Salam dan Soal , hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 07:34 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 07:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25407 |
Actions (login required)
View Item |