Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PEKANBARU

Arini Nurhidayati, 11516202213 (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
FILE SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
12. BAB IV HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)

Abstract

ABSTRAK Arini Nurhidayati, (2019): Analisis Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Visual Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media pembelajaran berbasis visual pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya guru yang sudah menggunakan media berbasis visual tetapi masih ada siswa yang kurang menguasai konsep ekonomi yang diajarkan, guru sudah menggunakan media dalam proses belajar mengajar tetapi masih ada siswa yang pada pelajaran ekonomi mendapat hasil yang tidak memuaskan atau nilai tidak tuntas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjeknya adalah guru ekonomi dan siswa kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah media pembelajaran berbasis visual. Informan kunci dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran ekonomi dan informan tambahan yaitu siswa dan guru sejawat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus P =(F )/N x 100%. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran berbasis visual adalah guru sebesar 86,25% tergolong sangat baik, artinya guru lebih sering menggunakan media berbasis visual dalam pembelajaran sehingga pesan dalam materi pelajaran tersampaikan. Sedangkan siswa sebesar 77,50% tergolong baik, artinya walaupun guru sudah menggunakan media berbasis visual masih ada siswa yang belum memberi respon yang baik. Secara keseluruhan diperoleh bahwa aspek melakukan inovasi media pembelajaran berbasis visual pada mata pelajaran masih memiliki kekurangan karena terbukti masih jarang dilakukan oleh guru mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci: Analisis, Media Pembelajaran Berbasis Visual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jan 2020 02:07
Last Modified: 23 Jan 2020 02:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25383

Actions (login required)

View Item View Item