Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEPEMIMPINAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU

Ade Martanaya Alfi, 11416103578 (2020) ANALISIS KEPEMIMPINAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI FULL TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)

Abstract

ABSTRAK Ade Martanaya Alfi (2019): Analisis Kepemimpinan Guru dalam Proses Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan guru dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Pekanbaru. Indikator dari kepemimpinan guru harus berorientasi pada proses interaksi, komunikasi serta menetapkan tujuan pembelajaran kepada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian guru ekonomi kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial. Objek penelitian analisis kepemimpinan guru dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Pekanbaru. Informan penelitian terdiri dari informan kunci yaitu guru mata pelajaran ekonomi berjumlah dua orang, kemudian informan tambahan satu orang waka kurikulum Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Pekanbaru dan dua orang siswa kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Pekanbaru bahwa kepemimpinan guru dalam proses pembelajaran di kategorikan baik dengan mutu guru selalu melakukan interaksi yang komunikatif kepada peserta didik, guru tegas dalam menetapkan tujuan pembelajaran, guru datang tepat waktu sebelum jam pelajaran dimulai, kemudian guru mendorong peserta didik untuk berfikir kreatif dan mandiri. Kata Kunci: Analisis, Kepemimpinan guru, Proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:09
Last Modified: 23 Jan 2020 08:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25381

Actions (login required)

View Item View Item