ELGA NADILA, - (2020) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ SENTENCE STRUCTURE ERRORS IN WRITING RECOUNT TEXT AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL 2 TAMBANG KAMPAR REGENCY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
GABUNG.pdf Download (29MB) |
|
Text (BAB IV)
CHAPTER IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (595kB) |
Abstract
ABSTRAK Elga Nadila (2019): Analisis Kesalahan Struktur Kalimat Siswa dalam Menulis Teks Recount di SMA Negeri 2 Tambang Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dan kesalahan yang paling dominan pada struktur kalimat dalam penulisan teks recount. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Tambang tahun akademik 2018/2019 sedangkan objeknya adalah kesalahan struktur kalimat yang berfokus pada penggunaan kata ganti dan past tense. Peneliti mengklasifikasikan kesalahan berdasarkan Surface Strategy Taxonomy. Peneliti menggunakan teknik simple random sampling, ada 52 siswa sebagai sampel penelitian ini. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan dokumentasi tulisan siswa. Data disajikan dengan cara analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data, peneliti menemukan jumlah total kesalahan dalam menggunakan kata ganti pada penulisan teks recount adalah 59 kesalahan. Mereka membuat 22 kesalahan omission atau 37,29%, kemudian 21 kesalahan misordering atau 35,39%, selanjutnya 15 kesalahan misformation atau 25,42% dan 1 kesalahan addition atau 1,69%. Kemudian, jumlah total kesalahan dalam menggunakan past tense dalam menulis teks recount adalah 99 kesalahan. Mereka membuat 72 kesalahan misformation atau 72,72%, kemudian 23 kesalahan omission atau 23,23%, selanjutnya 3 kesalahan addition atau 3,03% dan 1 kesalahan misordering atau 1,01%. Dari hasil di atas, dapat dilihat bahwa total kesalahan struktur kalimat yang dibuat oleh siswa adalah 158 kesalahan. Siswa membuat 45 kesalahan omission atau 28,84%, kemudian 4 kesalahan addition atau 2,53%. Diikuti oleh 87 kesalahan misformationatau 55,06% dan yang terakhir, 22 kesalahan misordering atau 13,92%. Dengan demikian, kesalahan paling dominan yang dilakukan oleh siswa kelas sepuluh di SMA Negeri 2 Tambang adalah Misformation dengan 87 kesalahan atau 55,06%. Kata kunci: Analisis, Kesalahan, Struktur Kalimat, Teks Recount
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 02:20 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 02:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25341 |
Actions (login required)
View Item |