Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Kinerja Guru dan Pendayagunaan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru

Azni Aisyah (2017) Pengaruh Kinerja Guru dan Pendayagunaan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 2017155PAI-S2COVER.pdf

Download (259kB)
[img] Text
2. 2017155PAI-S2PENGESAHAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text
3. 2017155PAI-S2ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
4.2017155PAI-S2 KATA PENGANTAR.pdf

Download (280kB)
[img] Text
5. 2017155PAI-S2DAFTAR IS1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
6. 2017155PAI-S2 BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
7. 2017155PAI-S2BAB II.pdf

Download (612kB)
[img] Text
8. 2017155PAI-S2BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text
9.2017155PAI-S2 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
10. 2017155PAI-S2BAB V.pdf

Download (254kB)
[img] Text
11. 2017155PAI-S2DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan pada prestasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam. Padahal guru memiliki kinerja yang baik dan siswa juga sudah mendayagunakan sumber belajar yang ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) apakah ada pengaruh yang siginifikan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa; (2) apakah ada pengaruh yang siginifikan pendayagunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa; dan (3) apakah ada pengaruh yang siginifikan kinerja guru dan pendayagunaan sumber belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam. Jenis penelitian ini adalah fiel research yaitu penelitian lapangan untuk mencari data dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi penelitian berjumlah 476 siswa dan sampelnya sebesar 15% berjumlah 71 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling, yaitu penentuan sampel berdasarkan kelas atau strata. Teknik analisa data menggunakan teknik korelasi product moment dan regresi linear berganda. Untuk menganalisis data menggunakan program Statistic Package for Social Science (SPSS ) for Windows Release 20.0. Hasil penelitian adalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Swasta Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru, hal ini didasarkan nilai probabilitas Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pendayagunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Swasta Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru, hal ini didasarkan nilai probabilitas Sig. (2-tailed ) sebesar 0.000 < 0.05; dan (3 )Terdapat pengaruh signifikan kinerja guru dan pendayagunaan sumber belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Swasta Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru, hal ini dari Uji F ANOVA menunjukkan Besar nilai Fhitung adalah 17.613 sedangkan besar signifikannya adalah 0,000. signifikan ANOVA 0,000 < 0,05. Persamaan garis regresinya adalah: Y = 49.072 + 0,251 (X1) + 0,267 (X2 ). Jika Kinerja Guru (X1 ) dan Pendayagunaan Sumber Belajar (X2 ) mengalami kenaikan 1%, maka Prestasi Belajar Siswa (Y ) akan mengalami peningkatan. Kemudian sumbangan kinerja guru dan pendayagunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Swasta Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru sebesar 34,1% (dikategorikan rendah) sedangkan sisanya sebesar 65,9% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 20 Jan 2020 08:53
Last Modified: 20 Jan 2020 08:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25306

Actions (login required)

View Item View Item