Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Istilah-Istilah Fiqh Dalam Mazhab Syafi’i (Kajian terhadap Kitab Kifayat al-Akhyar Karya Imam Taqiyuddin Abu Bakar al-Husaini )

Damirus (2017) Istilah-Istilah Fiqh Dalam Mazhab Syafi’i (Kajian terhadap Kitab Kifayat al-Akhyar Karya Imam Taqiyuddin Abu Bakar al-Husaini ). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 2017145HK-S2Cover.pdf

Download (260kB)
[img] Text
2. 2017145HK-S2PENGESAHAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text
3. 2017145HK-S2ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
4. DAFTAR-ISI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
3. 2017145HK-S2KATA PENGANTAR.pdf

Download (274kB)
[img] Text
5. 2017145HK-S2BAB-I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
6. 2017145HK-S2BAB-II.pdf

Download (576kB)
[img] Text
7. 2017145HK-S2BAB-III.pdf

Download (282kB)
[img] Text
8. 2017145HK-S2BAB-IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
9. 2017145HK-S2BAB-V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
10. 2017145HK-S2DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)

Abstract

Kitab Kifayat al-Akhyar merupakan salah satu literatur penting dalam Mazhab Syafi’I yang menjadi salah satu rujukan utama dan banyak dipelajari di berbagai Pondok Pesantren di Indonesia. Sebagai mana kitab fiqh Mazhab Syafi’i yang lain, kitab ini juga menggunakan istilah-istilah khas yang dipakai dalam Mazhab Syafi’i. memahami istilah tersebut sangat penting jika seseorang ingin memahami isi kitab ini dan memahami pendapat-pendapat yang dikuatkan dan dilemahkan di dalam Mazhab Syafi’i. Sayangnya belum ada upaya untuk mengidentifikasi istilah yang dipakai oleh al-Hisni di dalam Kitab Kifayah al-Akhyar sehingga banyak santri di Pondok Pesantren yang selalu membaca kitab ini tapi tidak memahami peta pendapat Mazhab Syafi’I yang dinukil di dalam kitab tersebut. Karena itu, upaya mengidentifikasi penggunaan-penggunaan istilah khas Mazhab Syafi’i tersebut oleh Abu Bakar alHusaini dalam menulis buku Kifayah al-Akhyar sangat perlu untuk diusahakan. Jenis penelitian ini bersifat kepustakaan (library research ), yang menggunakan sumber- sumber kepustakaan untuk membahas masalah-masalah yang telah dirumuskan. Metode ini dimulai dengan mengumpulkan data primer sebagai landasan dari penelitian ini dan menggunakan data-data lain yang berasal dari data sekunder yang berkaitan dengan tema penulisan ini, karena berdasarkan bidang kajiannya. Data-data yang dihimpun terdiri atas bahan-bahan tertulis yang telah dipublikasikan dalam bentuk buku/kitab dan majalah, yang berkaitan langsung maupun tidak langsung dengan penelitian ini. Sumber utama dalam penelitian ini adalah Kifayat al-Akhyar fi Ghayat al-Ikhtishar karya Taqiyuddin Abu Bakar al-Husaini al-Hisni. Sedangkan data sekunder, yaitu buku-buku yang memiliki korelasi dan relevansi dengan judul penelitian. Tesis ini menyimpulkan bahwa al-Hisni dalam penulisan Kifayat alAkhyar mengacu kepada istilah-istilah fikih mazhab Syafi’i tersebut. Setiap istilahistilah fikih tersebut secara spesifik memiliki pengertian-pengertian tertentu sebagaimana diulas dalam banyak referensi fikih, terutama fikih mazhab Syafi’i sendiri. Karena istilah-istilah fikih mazhab Syafi’i yang digunakan oleh al-Hisni dalam buku Kifayat al-Akhyar cukup banyak, maka secara global istilah-istilah tetersebut dapat dikategorisasikan sebagai berikut: Pertama, istilah untuk mengungkapkan pendapat mazhab. Kedua, istilah-istilah untuk menguatkan (tarjih) dan melemahkan (tadh’if )sebuah pendapat. Dan ketiga, Istilah-istilah yang berhubungan dengan ulama mazhab. Selain tiga kategori ini, terdapat juga istilahistilah baru yang belum dikupas oleh ulama mazhab Syafi’i terutama al-Nawawi. Di beberapa tempat, walaupun tidak banyak, penulis menemukan penggunaan istilah tidak sesuai penempatannya, seperti penggunaan istilah Ashah yang dalam rumusan Mazhab Syafi’i dipakai untuk mengungkapkan Wajh (pendapat ulama/murid Syafi’i ) yang paling kuat, akan tetapi di sebagian tempat oleh al-Hisni dipakai untuk mengungkapkan Qaul (pendapat Imam Syafi’i ) yang paling kuat

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:52
Last Modified: 20 Jan 2020 04:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25274

Actions (login required)

View Item View Item