Kasmawati (2017) Implementasi Ekstrakurikuler Tuntas Baca Tulis Al-Qur’an dan Rohani Islam di SMP Negeri Kelurahan Maharatu Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 2017117PAI-S2COVER.pdf Download (262kB) |
|
Text
2. 2017117PAI-S2PENGESAHAN.pdf Download (293kB) |
|
Text
3. 2017117PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf Download (280kB) |
|
Text
4. 2017117PAI-S2DAFTAR IS1.pdf Download (303kB) |
|
Text
5. 2017117PAI-S22017117PAI-S2ABSTRAK.pdf Download (448kB) |
|
Text
6. 2017117PAI-S2BAB I.pdf Download (343kB) |
|
Text
7. 2017117PAI-S2BAB II.pdf Download (615kB) |
|
Text
8. 2017117PAI-S2BAB III.pdf Download (281kB) |
|
Text
9. 2017117PAI-S2BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) |
|
Text
10. 2017117PAI-S2BAB V.pdf Download (259kB) |
|
Text
11. 2017117PAI-S2DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf Download (261kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan implementasi ekstrakurikuler Tuntas Baca Tulis Al-Qur’an dan kegiatan Rohani Islam di SMP Negeri se-Kelurahan Maharatu Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dapat dikatakan masih kurang baik dan tidak sesuai sebagaimana yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana implementasi ekstrakurikuler tuntas baca tulis al-Qur’an?; (2) Bagaimana implementasi ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis )?; (3) Apa saja faktor-faktor penghambat dan pendukung implementasi ekstrakurikuler Tuntas Baca Tulis al-Qur’an dan Rohani Islam di SMP Negeri Kelurahan Maharatu Marpoyan Damai Kota Pekanbaru? Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis kualitatif dengan menarik kesimpulan secara induktif. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Implementasi ekstrakurikuler Tuntas Baca Tulis al-Qur’an di SMP Negeri se Kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dilaksanakan dengan tiga tahapan, yakni (a ) tahapan perencanaan waktu dan metode; (b) tahapan pelaksanaan, meliputi: mengenalkan huruf Arab dari Alif sampai Ya (alifbata ), melatih siswa menyebutkan bunyi huruf hijaiyah sesuai makhrajnya, mengenalkan tanda baca seperti tanda tasdid, tanda panjang (maad ), dan tanwin, melatih siswa membaca bunyi huruf Qolqolah, melatih siswa membedakan bentuk-bentuk tanda baca waqaf, mengajarkan hukum-hukum bacaan, melatih siswa membaca al-Qur’an dengan lagu atau irama tartil, dan menulis huruf arab serta menjelaskan adab-adab membaca al-Qur’an; (c ) tahapan evaluasi, menguji siswa membaca ayat al-Qur’an sesuai dengan makrajnya, tanda panjang pendeknya (mad ), hukum tajwidnya dan cara waqof dan ittiba. (2) Implementasi ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis ) di SMP Negeri se Kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru, dilaksanakan dengan tiga tahapan, yakni (a ) tahapan perencanaan, terdiri dari perencanaan waktu dan materi; (b) tahapan pelaksanaan, membimbing menghafal surat-surat pendek, latihan berpidato atau menjadi da’i, membaca Yasin setiap hari jum’at, membimbing menghafal do’a-do’a, peringatan hari besar Islam dan melatih melaksanakan shalat jenazah; kegiatan grup musik rabana; pelatihan shalat dan (c ) tahapan evaluasi, meliputi: menguji kemampuan hafalan ayat-ayat pendek, menguji kemampuan siswa shalat jenazah dan menguji kemampuan siswa memimpin do’a. (3) Faktor-faktor penghambat dan pendukung implementasi ekstrakurikuler Tuntas Baca Tulis al-Qur’an dan Rohani Islam (Rohis ) di SMP Negeri se Kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru, yakni: (a ) Faktor pendukung, meliputi: motivasi kerja guru pembina, perhatian orang tua, sarana dan prasarana sekolah, dan perhatian kepala sekolah; dan (b) Faktor penghambat, meliputi: minat siswa mengikuti ektrakurikuler, waktu, metode, dan kondisi lingkungan siswa.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 04:16 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 04:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25055 |
Actions (login required)
View Item |