Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Hubungan Pemahaman Materi Bilangan Pecahan dengan Kemampuan Mengerjakan Soal-soal Mawaris pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru.

Mhd. Nurdin, 11611100986 (2020) Hubungan Pemahaman Materi Bilangan Pecahan dengan Kemampuan Mengerjakan Soal-soal Mawaris pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena dari satu ilmu ini dapat melahirkan berbagai disiplin ilmu yang terus berkembang. Seperti ilmu fisika, kimia, biologi, dan berbagai disiplin ilmu lainnya, bahkan tidak kalah pentingnya terhadap disiplin ilmu-ilmu agama yang salah satunya ilmu mawaris yang membahas tentang pembagian harta warisan pada seseorang yang telah meninggal dunia. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru, bahwa guru sudah berupaya mengajarkan semaksimal mungkin mengenai materi mawaris dalam mata pelajaran Fikih, mulai tahap awal yaitu memperkenalkan istilah-istilah yang ada dalam mawaris, bagian masing-masing ahli waris yang terdapat dalam surah An-Nisa ayat 11 dan 12, dan tata cara pembagiannya. Namun, masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal mawaris. Selanjutnya, dalam penelitan ini masalah yang akan dikaji adalah: bagaimana hubungan pemahaman materi bilangan pecahan pada mata pelajaran matematika dengan kemampuan mengerjakan soal- soal mawaris pada mata pelajaran fikih di madrasah aliyah muhammadiyah pekanbaru ?. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan instrumen tes dan dokumentasi. Setelah penulis memperoleh data tersebut, kemudian diolah dan dianalisis. Sehingga hubungan pemahaman materi bilangan pecahan pada mata pelajaran matematika dengan kemampuan mengerjakan soal-soal mawaris pada mata pelajaran fikih di madrasah aliyah muhammadiyah pekanbaru dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang “sangat tinggi”. Karena skala pengukuran yang diperoleh adalah ryx= 0,922. Dimana hubungannya berada di antara “r” 0,900- 1,000 (sangat tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jan 2020 03:07
Last Modified: 16 Jan 2020 03:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25027

Actions (login required)

View Item View Item