Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 025 PADANG SAWAH KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR

Syafrini, - (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 025 PADANG SAWAH KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)

Abstract

Syafrini, (2019): Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 025 Padang Sawah Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui penerapan model snowball throwing di kelas V Sekolah Dasar Negeri 025 Padang Sawah Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 16 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 025 Padang sawah Kecamatan Kamapar Kiri Kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yag digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan hasil belajar siswa sebelum tindakan klasikal 37,5% kemudian setelah menerapkan penerapan model snowball throwing pada siklus 1 hasil belajar siswa hanya mencapai 62,5% pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 81,25%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 025 Padang Sawah Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Snowball Throwing, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jan 2020 03:13
Last Modified: 16 Jan 2020 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25022

Actions (login required)

View Item View Item