Yuni Nelma Astuti, - (2020) Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 001 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI YUNI.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi product moment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 001 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 195 orang. Dikarenakan kelas XI ddan XII tidak diizinkan oleh pihak sekolah, maka yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah kelas X dengan jumlah 81 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala likert. Uji validitas menggunakan SPSS 21.0 For Windows. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penghitungan derajat penentu (koefisien determinasi) r2 = 0,23 (23%) yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kelengkapan fasilitas belajar sebesar 23% seangkan 77% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diangkat dalam penelitian ini. Selanjutnya dilakukan uji signifikan koefisien korelasi dengan uji t, maka didapat thitung > ttabel 4,86 > 1.99, artinya H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh dari kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : fasilitas belajar, hasil belajar, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 07:25 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 07:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24943 |
Actions (login required)
View Item |