Sayid Agustian (2016) THE EFFECT OF USING VIDEO ON THE WRITING MOTIVATION OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (343kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (270kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas X SMA di Pekanbaru, beberapa siswa memiliki masalah pada motivasi mereka dalam menulis. Mereka cendrung selalu menghindari tugas menulis teks, kurang bersemangat dalam kegiatan menulis, mengeluh saat diberikan tugas menulis, menolak untuk mengerjakan tugas menulis teks berbahasa Inggris dan mengerjakan tugas menulis teks berbahasa Inggris dengan menggunakan bahasa Indonesia. Sehingga masalah ini dijadikan sebuah penelitian dengan judul pengaruh penggunaan video terhadap motivasi menulis siswa kelas X SMA di Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi-experiment. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan signifikan pada motivasi siswa dalam menulis antara a) grup experimen dan grup kontrol pada pra-kuesioner, b) grup eksperimen dan grup kontrol pada pasca-kuesioner, dan c) pra-kuesioner dan pasa-kuesioner pada grup eksperimen dan 2) mengetahui pengaruh penggunaan video terhadap motivasi siswa dalam menulis. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA di Pekanbaru. Terdapat dua kelompok yang dipilih sebagai sampel dari penelitian ini; kelompok eksperimen (65 siswa) dan kelompok kontrol (65 siswa). Jumlah keseluruhan sampel adalah 130 siswa yang diambil dari seluruh populasi dengan manggunakan metode cluster random sampling. Dalam mengumpulkan data, angket digunakan sebagai instrument penelitian. Untuk menganalisa data, digunakan menggunakan t-test, rumus effect size, dan regresi linear . Pada akhirnya, berdasarkan nilai sig (2-tailed) jika dibandingkan dengan probabilitas signifikan (0,05) pada paired sample t-test dan independent sample t-test, peneliti menemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap motivasi siswa dalam menulis pada pra-kuesioner antara grup eksperimen dan grup kontrol, ada perbedaan yang signifikan terhadap motivasi siswa dalam menulis pada pasca-kuesioner antara grup eksperimen dan grup kontrol, dan ada perbedaan yang signifikan terhadap motivasi siswa dalam menulis antara pra-kuesioner dan pasca-kuesioner pada grup eksperimen. Selain itu, nilai eta square adalah 0,64 (0,64>0,20) yang berarti ada pengaruh yang signfikan dari penggunaan video terhadap motivasi siswa dalam menulis. Serta, motivasi menulis siswa tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis mereka.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 16 Feb 2016 02:53 |
Last Modified: | 16 Feb 2016 02:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2494 |
Actions (login required)
View Item |