Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Tennis Verbal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya kabupaten Kampar

Muhammad Pratama, - (2020) Penerapan Strategi Tennis Verbal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Pratama, (2019): Penerapan Strategi Tennis Verbal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui strategi tennis verbal di kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 66. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 23 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Sedangkan objek adalah penerapan strategi tennis verbal, dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisi deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan ketuntasan klasikal Ilmu pengetahuan alam sebelum dilakukan tindakan hanya 43,48%. Setelah dilakukan tindakan ketuntasan klasikal pada siklus I meningkat yaitu 56,52%. Pada Siklus II ketuntasan klasil meningkat lagi menjadi 85,71%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi tennis verbal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi Tennis Verbal, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jan 2020 03:22
Last Modified: 15 Jan 2020 03:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24915

Actions (login required)

View Item View Item