TINGKAT KEMAMPUAN MENGHAFAL AYAT-AYAT AL-QUR`AN BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KECAMATAN BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR

Hamidi, (2016) TINGKAT KEMAMPUAN MENGHAFAL AYAT-AYAT AL-QUR`AN BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KECAMATAN BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

“Tingkat Kemampuan Menghafal Ayat ayat al-Qur`an Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir”, di tulis dengan latar belakang bahwa SMA Negeri di Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir ada empat, yakni SMA Negeri 1, 2, 3, dan 4. Mayoritas siswa-siswi dari 4 SMA Negeri tersebut notabenenya beragama Islam. Berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan pada kelas XI SMA Negeri 1 Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir, jumlah siswanya 315 orang, terdiri dari 152 orang jurusan IPA dan 163 orang jurusan IPS. Siswa yang beragama Islam sebanyak 237, siswa non muslimnya berjumlah 78 orang. Di antara 237 siswa yang beragama Islam, yang bisa membaca al-Qur`an dengan lancar dan fasih ada 166 orang atau sekitar 70,04%; yang bisa membaca al-Qur`an tetapi belum lancar dan fasih ada 49 orang atau sekitar 20,67%; dan siswa yang belum bisa membaca al-Qur`an ada 22 orang atau sekitar 9,28%. Di antara 166 orang siswa yang sudah lancar dan fasih membaca al-Qur`an tersebut yang cepat menghafal ayat-ayat al-Qur`an pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebanyak 49 orang siswa atau sekitar 29,52%, sedangkan 117 orang atau sekitar 70,48% sering tidak hafal pada ayat-ayat al Qur`an yang ada dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut. Hal ini disebabkan kurangnya motivasi siswa untuk menghafalkan ayat-ayat al-Qur`an, minimnya perhatian dari orang tua terhadap anaknya dalam hal menghafal ayat ayat al-Qur`an, ketersediaan waktu pembelajaran kurang memadai, dan belum adanya reward bagi siswa yang menghafalkan ayat-ayat al-Qur`an pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan menghafal ayat-ayat al-Qur`an pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa di SMA Negeri Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Secara metodologis, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pengelolaan data secara kualitatif dan menggunakan jenis pendekatan deskriftif, yakni penelitian yang berupaya memberikan gambaran tentang obyek yang diteliti secara mendetail dan mendalam. Dalam penelitian ini yang dijadikan obyek penelitian adalah guru-guru PAI di SMA Negeri Bagan Sinembah yang berjumlah 5 orang. Sedangkan subyek penelitian adalah tingkat kemampuan siswa-siswi kelas XI SMA Negeri Bagan Sinembah dalam menghafal ayat-ayat al-Qur`an pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan menghafal al-Qur`an pada siswa kelas XI SMA Negeri di Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir dapat diketahui melalui tes bacaan dan hafalan siswa-siswi. Siswa-siswi yang beragama Islam yang mengambil jurusan IPA minat menghafal jauh lebih tinggi dari siswa-siswi yang berada di jurusan IPS dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya pada materi hafalan ayat-ayat al-Qur`an. Jika dipersentasekan 70% untuk jurusan IPA dan 30% jurusan IPS.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Feb 2016 09:13
Last Modified: 15 Feb 2016 09:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2488

Actions (login required)

View Item View Item