MARIANA, - (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SIAK HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (8MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
Abstract
ABSTRAK Mariana, (2019) : Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Siak Hulu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Siak Hulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, padahal guru sudah maksimal dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Siak Hulu dan objek penelitian ini adalah pengaruh metode pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Siak Hulu yang berjumlah 162 siswa (5 kelas). Siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian berjumlah 66 siswa (2 kelas) yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan bahwa kelas X IPS 3 (eksperimen) dan kelas X IPS 5 (kontrol) adalah kelas yang homogen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes t. Hasil akhir diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang mengunakan metode pembelajaran Jigsaw lebih tinggi yaitu sebesar 89,39 di bandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional yaitu 77,89. Hasil uji tes t menggunakan bantuan SPSS versi 25,0 for windows menunjukkan bahwa nilai sig < 0,05 (0,000< 0,05) atau dengan nilai t hitung > t tabel (4,350 > 1,669) artinya Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Siak Hulu. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 07:36 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 07:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24788 |
Actions (login required)
View Item |