Karsinah (2017) Epistimologi Pendidikan Islam (Kajian Metode Pendidikan Islam Menurut Mahmud Yunus). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 201780PAI-S2COVER.pdf Download (260kB) |
|
Text
2. 201780PAI-S2PENGESAHAN.pdf Download (42kB) |
|
Text
3. 201780PAI-S2ABSTRAK.pdf Download (333kB) |
|
Text
4. 201780PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf Download (29kB) |
|
Text
5. 201780PAI-S2DAFTAR ISI.pdf Download (263kB) |
|
Text
6. 201780PAI-S2BAB I.pdf Download (331kB) |
|
Text
7. 201780PAI-S2BAB II.pdf Download (453kB) |
|
Text
8. 201780PAI-S2BAB III.pdf Download (291kB) |
|
Text
9. 201780PAI-S2BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
|
Text
10. 201780PAI-S2BAB V.pdf Download (278kB) |
|
Text
11. 201780PAI-S2DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
Abstract
Metode sangat penting sekali dalam mengajar bagi guru-guru. Betapa banyak guru yang intelek tetapi gagal dalam mengajar karena metode yang digunakan tidak tepat. metode adalah jalan yang akan ditempuh guru untuk memberikan berbagai jenis mata pelajaran. Metode Pengajaran Mahmud Yunus menyarankan kepada para guru agar menggunakan metode yang tepat dengan cara mengetahui perkembangan jiwa anak didiknya. Mahmud Yunus juga menganjurkan agar menggunakan pendekatan integrated dalam mengajar pengetahuan agama dan umum. Ia menganjurkan agar pelajaran keimanan diintegrasikan dengan pelajaran ilmu tumbuh- tumbuhan, ilmu bumi, ilmu alam, ilmu biologi dan sebagainya. Dengan cara demikian, metode pengajaran tersebut selain bersifat integrated juga harus bertolak dari keinginan untuk memberdayakan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pendidikan Islam menurut Mahmud Yunus. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, penulis menggunakan penelitian yang bersifat library research dengan menggunakan bahan-bahan tertulis yang telah dipublikasikan dalam bentuk buku. Metode penelitian yang digunakan adalah Content Analytic (analisis isi ), yaitu menganalisis uraian-uraian serta pendapat dari buku yang ditulis Mahmud Yunus maupun yang berisi pembahasan pemikiran Mahmud Yunus yang ditulis orang lain. Kemudian dilakukan analisis secara mendalam tentang metode pendidikan Islam menurut Mahmud Yunus. Penemuan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pendidikan Islam menurut Mahmud Yunus harus sesuai dengan tujuan dari pendidikan Islam itu sendiri, selain itu metode yang digunakan harus mengarah kepada ketiga aspek tujuan pendidikan yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Relevansi pemikiran Mahmud Yunus tentang metode pendidikan Islam dengan pendidikan sekarang ini yaitu dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP ). Dalam KTSP ada beberapa indikator pencapaian yang ingin dicapai. Setidaknya ada tiga aspek indikator yang ingin dicapai yaitu Kognitif, Afektif dan Psikomotor. Maka pemikiran Mahmud Yunus tentang metode yang mencakup Khittah-khittah yang diperhatikan sejalan dengan indikator pencapaian dalam kurikulum KTSP sekarang yang dipakai dalam sistem pendidikan nasional. Tujuan pendidikan bukan hanya pemenuhan aspek pengetahuan (kognitif )saja tapi yang penting adalah mempraktekkannya (afektif ) kemudian dari pengetahuan yang ada mampu hidup diatas kaki sendiri (psikomotorik )
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 05:32 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 05:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24781 |
Actions (login required)
View Item |