Annisa Rahmadani, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum yaitu 79 terutama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kurangnya sikap interaksi antar siswa, dan kurangnya penggunaan konsep kooperatif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment. Desain yang digunakan adalah Posstest-only desaign Nonequivalent Group dan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ilmu-Ilmu Sosial yang berjumlah 152 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ilmu-Ilmu Sosial 1 dan XI Ilmu-Ilmu Sosial 2 yang berjumlah 52 siswa. Sedangkan subjek penelitian ini adalah guru dan siswa jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru, objek dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dan Berpikir Kritis Siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 87,5% siswa mampu bekerja sama serta dapat memunculkan sikap berani, aktif, dan kreatif siswa. Terdapat perbedaaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan pembelajaran konvensional, hal ini terlihat dari uji Mann Whitney U diperoleh hasil Asimp. Sig(2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05. Melalui model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) ini siswa termotivasi untuk berpikir kritis dalam pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal. Kata Kunci : Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 08:16 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 08:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24779 |
Actions (login required)
View Item |