Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KELAYANG

Putri Atika, - (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KELAYANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN FIX.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran generative learning dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kelayang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial sedangkan objeknya adalah model pembelajaran generative learning dan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa Ilmu Pengetahuan Sosial kelas X, XI, XII berjumlah 136 orang sedangkan sampelnya kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial yang berjumlah 46 orang dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah test t. Berdasarkan analisis uji-t menunjukkan bahwa data akhir diperoleh nilai t_hitung>t_tabel pada taraf signifikan 5% (1,680) maupun 1% (2,414) atau 2,414< 5,536 >1,680. Nilai t_hitung>t_tabel sehingga H_aditerima dan H_o ditolak yang berarti adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran generatif learning terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kelayang. Sumbangan pengaruh penggunaan model pembelajaran generative learning sebesar 76,7% terhadap hasil belajar dalam pembelajaran ekonomi. Sedangkan sisanya 23,3% lagi dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Generative Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:21
Last Modified: 10 Jan 2020 04:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24665

Actions (login required)

View Item View Item