PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP IT AZ-ZUHRA ISLAMIC SCHOOL PEKANBARU

Wieke Bunga Permatasari, (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP IT AZ-ZUHRA ISLAMIC SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa di SMP IT Az-Zuhra Islamic School Pekanbaru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 44 orang . Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu skala dalam bentuk skala likert. Teknik analisa data menggunakan teknik korelasi Product Moment dengan program SPSS 16. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa. Dari hasil penelitian yang diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pedidikan Agama Islam di SMP IT Az-Zuhra Islamic School Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisa data yang diperoleh yaitu sebesar nilai r hitung = 0, 387 sedangkan nilai r tabel (5%) (df =N-2=44-2=42) sehingga r tabel = 0, 273. Karena r hitung lebih besar dari r tabel atau 0, 387 > 0, 273 maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pedidikan Agama Islam di SMP IT Az-Zuhra Islamic School Pekanbaru. Koefisien determinan yang dihasilkan adalah sebesar r2 = 0, 150 dengan p = 0, 009 (p < 0, 05) maka dapat dilihat bahwa gaya mengajar guru memberi pengaruh sebesar 15% terhadap motivasi belajar siswa di SMP IT Az-Zuhra Islamic SchoolPekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Feb 2016 04:25
Last Modified: 11 Feb 2016 04:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2464

Actions (login required)

View Item View Item