Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

إرتباط فهم النحوية بالقدرة على إعراب الجملة الإسمية لدى تلاميذ معهد أنصار السنة كمبار

ILMA MUFIDAH, - (2019) إرتباط فهم النحوية بالقدرة على إعراب الجملة الإسمية لدى تلاميذ معهد أنصار السنة كمبار. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI ILMA MUFIDAH.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Ilma Mufidah, (2019): Korelasi Pemahaman Qowaid Nahwu Dengan Kemampuan Mengi’rob Jumlah Ismiyah Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Anshor Alsunnah Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Yang pertama adalah variabel X (pemahaman qowaid nahwu) dan yang kedua adalah variabel Y (kemampuan mengi’rob jumlah ismiyah siswa). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas lima madrasah aliyah pondok pesantren anshor alsunnah. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemahaman qowaid nahwu dan kemampuan mengi’rob. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Untuk pemahaman qowaid, penulis menggunakan tes tertulis dalam bentuk menyusun kalimat. Dalam tes menyusun kalimat, penulis menyediakan siswa kalimat yang diacak. Kemudian, untuk kemampuan mengi’rob, penulis mengunakan tes tertulis juga, yaitu dengan memberikan soal dengan kalimat sempurna, kemudian siswa menjawab soal dengan cara mengi’rob setiap kata dalam kalimat yang terdapat pada soal. Populasi penelitian berjumlah 76 orang siswa. Kemudian dalam pengambilan sampel, penulis mengunakan simple random sampling. Ujian Kolmogorov-Smirnov menunjukkan bahwa nilai qowaid tidak signifikan (D (53) = 0.125, p>0.05). Ini menunjukkan bahwa data nilai qowaid terdistribusi normal. Sedangkan nilai i’rob adalah signifikan (D (53) = 0.033, p<0.05). Ini menunjukkan bahwa data nilai I’rob tidak terdistribusi normal. Oleh sebab itu karena salah satu data tidak terdistribusi secara normal maka data ini diuji korelasinya dengan statistik non-parametrik yaitu korelasi Spearman rho. Analisis korelasi Spearman rho dilakukan untuk menguji korelasi antara nilai qowaid dan nilai I’rob. Hasil analisis menujukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan positif dan sederhana antara nilai qowaid dan nilai I’rob, rs = 0.345, p=0.022. Ho ditolak dan Ha diterima). Dapat disimpulkan bahwa, kemampuan mengi’rob siswa kelas lima madrasah aliyah pondok pesantren Anshor Alsunnah ditentukan oleh pemahaman qowaid nahwu mereka. Kata Kunci: korelasi, pemahaman, qowaid, nahwu, kemampuan, i’rob, jumlah ismiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:33
Last Modified: 09 Jan 2020 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24573

Actions (login required)

View Item View Item