Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN SMART MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM KOTA PEKANBARU

Shinta Maharani (2016) PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN SMART MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Kota Pekanbaru dengan penggunaan media pembelajaran Permainan Smart Monopoli . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pelajaran Matematika, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan rendahnya hasil Belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil observasi sebelum penerapan media pembelajaran permainan smart, hasil Belajar siswa diperoleh 48%, angka ini berada pada interval 41 % - 55 % .Interval ini berada pada kategori “Kurang”. Kemudian berdasarkan hasil observasi pada siklus pertama pertemuan pertama yang menunjukkan bahwa tingkat Hasil Belajar siswa mencapai dengan 52%, angka ini berada pada interval 41% - 55%. Interval ini berada pada kategori “Kurang”. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I Hasil Belajar siswa meningkat menjadi 68%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan pertama terjadi peningkatan mencapai Hasil Belajar siswa diperoleh 76,80% dan meningkat pada pertemuan kedua siklus II dengan persentase 94,40%, angka ini berada pada interval 86%-100%. Interval ini berada pada kategori “Baik Sekali”.. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media pembelajaran Permainan Smart Monopoli dapat meningkatkan Hasil Belajar Matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah DarulUlum Kota Pekanbaru “dapat diterima”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Feb 2016 03:18
Last Modified: 11 Feb 2016 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2452

Actions (login required)

View Item View Item