Veggy Oktaviani,, - (2020) Implementasi Teknik Modeling Simbolik dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Teknologi di Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Ikasari Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
|
Text
GABUNGAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
ABSTRAK Veggy Oktaviani, (2019): Implementasi Teknik Modeling Simbolik dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Teknologi di Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Ikasari Pekanbaru Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi teknik modeling simbolik dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di sekolah menengah kejuruan farmasi ikasari pekanbaru pada tahun pelajaran 2019/2020. Bentuk penelitian ini adalah pre eksperiment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TLM yang berjumlah 30 0rang siswa dan objek penelitian ini adalah kontribusi teknik modeling simbolik dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas XI teknologi laboratorium medik di sekolah menengah kejuruan farmasi ikasari pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TLM di sekolah menengah kejuruan farmasi ikasari pekanbaru dan sampel diambil sebanyak 9 orang yang memiliki penyesuaian diri yang rendah dengan menggunakan teknik modeling simbolik. Penelitian ini memberikan treatment atau perlakuan kepada 9 orang siswa di dalam konseling kelompok dan 9 orang siswa sebagai kelompok control. Eksperimen ini dilakukan sebanyak 6 kali dengan menerapkan teknik modeling simbolik dalam layanan konseling kelompok. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan wilcoxon. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penyesuaian diri siswa sebelum dan setelah diberikan teknik modeling simbolik dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa dengan nilai output “Test Statistics” diketahui Asymp Sig (2-tailed) bernilai 0,008. Karena nilai 0,008 lebih kecil dari < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima” Artinya ada perbedaan antara penyesuaian diri siswa untuk pre-test dan pos-test, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi teknik modeling simbolik dalam layanan konseling kelompok dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa di sekolah menengah kejuruan farmasi ikasari pekanbaru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat dan masukan bagi subjek yang diteliti, lembaga, guru bimbingan konseling dan peneliti selanjutnya. Kata Kunci: Implementasi, Teknik Modeling Simbolik, Penyesuaian Diri
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 02:36 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 02:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24437 |
Actions (login required)
View Item |