Rahmi Mardalena (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU PINTAR DAN KARTU SOAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KIMIA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI PERTANIAN TERPADU PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (388kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (264kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep kimia siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau pada pokok bahasan Hukum-Hukum Dasar Kimia dan Perhitungan Kimia. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang dapat menantang siswa untuk belajar aktif menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep siswa dengan didukung oleh media kartu pintar dan kartu soal serta mengetahui besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran tersebut. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X ATP 4 (kelas eksperimen) dan kelas X ATP 3 (kelas kontrol) tahun ajaran 2014/2015 yang dipilih secara simple random sampling. Instrument yang digunakan adalah instrument tes untuk melihat pemahaman konsep kimia siswa yang telah divalidasi terlebih dahulu. Data dianalisis menggunakan uji t untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap pemahaman konsep pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran problem based learning menggunakan media kartu pintar dan kartu soal berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa; (2) besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep siswa adalah sebesar 22,62%. Kata Kunci: Model pembelajaran problem based learning, kartu pintar, kartu soal, pemahaman konsep, hukum-hukum dasar kimia dan perhitungan kimia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 09 Feb 2016 07:13 |
Last Modified: | 09 Feb 2016 07:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2435 |
Actions (login required)
View Item |