PENGARUH PENERAPAN STRATEGI ROTASI TRIO MEMUTAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 RIMBA MELINTANG KABUPATEN ROKAN HILIR

Rahmad Usman, (2016) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI ROTASI TRIO MEMUTAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 RIMBA MELINTANG KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika antara siswa yang menggunakan strategi Rotasi Trio Memutar dan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 124 siswa yang terdiri dari empat kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah pretest-posttest Control Group Design. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, dan lembar observasi. Penelitian ini berlangsung selama enam kali pertemuan, yang terdiri atas satu pertemuan untuk mengadakan pretest, empat kali pertemuan dengan penerapan strategi Rotasi Trio Memutar dan satu pertemuan untuk mengadakan posttest. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematika siswa adalah uji-t dan pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan dan pada taraf signifikan 5% dimana nilai = 2,210 dan = 2,000, ini artinya > atau 2,210 > 2,000 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika antara siswa yang menggunakan strategi Rotasi Trio Memutar dan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir dan berdasarkan nilai rata-rata posttest diperoleh nilai rata rata kelas eksperimen 76,167 dan nilai rata-rata kelas control 71,000 memberikan arti bahwa ada pengaruh positif dari penerapan strategi Rotasi Trio Memutar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMA Negeri 1 Rimba Melintang kabupaten Rokan Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 09 Feb 2016 07:07
Last Modified: 09 Feb 2016 07:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2434

Actions (login required)

View Item View Item