Tri Ratnasari, - (2020) Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Siswa terhadap Interaksi Edukatif pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Hilir. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (3MB) |
Abstract
BSTRAK Tri Ratnasari, (2019): Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Siswa terhadap Interaksi Edukatif pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Hilir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal siswa terhadap interaksi edukatif pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Hilir. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam berinetraksi dengan guru dan teman sekelas di dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Hilir, sedangkan objeknya adalah pengaruh kecerdasan interpersonal siswa dan interaksi edukatif pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 107 siswa dan sampel yang diambil 84 siswa di kelas X IPS, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dilanjutkan dengan menggunakan uji test �. Berdasarkan hasil data diperoleh hasil uji test � dengan membandingkan r hitung dengan r , dimana didapatkan r hitung > r tabel (0,213< 0,688> 0,278). Persentase sumbangan pengaruh kecerdasan interpersonal siswa terhadap interaksi edukatif pada mata pelajaran ekonomi sebesar 47,4%, yang berarti H a diterima dan H o tabel ditolak, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari kecerdasan interpersonal siswa terhadap interaksi edukatif pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Hilir, artinya semakin sering siswa mampu menunjukan kecerdasannya dan percaya diri dalam menunjukkan kemampuannya serta bersosialisasi dengan baik, maka akan semakin bagus dan meningkat proses pembelajaran atau interaksi edukatif yang terjadi di dalam kelas Kata Kunci : Kecerdasan Interpersonal Siswa, Interaksi Edukatif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 04:17 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 04:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24325 |
Actions (login required)
View Item |