Nurmini (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (458kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara pembelajaran yang menerapkan metode Discovery Learning dengan pembelajaran yang tidak menerapkan metode Discovery Learning terhadap kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 23 Pekanbaru pada sub pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan peneltian Quasi Eksperimen dan dilakukan di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Populasi dari penelitian ini yakini Siswa SMP Negeri 23 Pekanbaru tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 936 siswa dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 23 Pekanbaru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dari pengajar yang sama. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi, dokumentasi dan tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat serta uji hipotesis untuk melihat perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa. Dari proses hasil analisis data dapat diketahui bahwa pada taraf signifikan 5% yakni = 39,71 > = 2,066, sehingga H ditolak dan H diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa antara siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran discovery learning dengan siswa yang belajar tidak menggunakan metode pembelajaran discovery learning. Adanya perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa maka metode pembelajaran discovery learning berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematika siswa di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Kata kunci: Discovery Learning, Penalaran Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 09 Feb 2016 04:00 |
Last Modified: | 09 Feb 2016 04:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2427 |
Actions (login required)
View Item |