Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 23 PEKANBARU

Nurmini (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara pembelajaran yang menerapkan metode Discovery Learning dengan pembelajaran yang tidak menerapkan metode Discovery Learning terhadap kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 23 Pekanbaru pada sub pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan peneltian Quasi Eksperimen dan dilakukan di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Populasi dari penelitian ini yakini Siswa SMP Negeri 23 Pekanbaru tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 936 siswa dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 23 Pekanbaru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dari pengajar yang sama. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi, dokumentasi dan tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat serta uji hipotesis untuk melihat perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa. Dari proses hasil analisis data dapat diketahui bahwa pada taraf signifikan 5% yakni = 39,71 > = 2,066, sehingga H ditolak dan H diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa antara siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran discovery learning dengan siswa yang belajar tidak menggunakan metode pembelajaran discovery learning. Adanya perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa maka metode pembelajaran discovery learning berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematika siswa di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Kata kunci: Discovery Learning, Penalaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 09 Feb 2016 04:00
Last Modified: 09 Feb 2016 04:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2427

Actions (login required)

View Item View Item