Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN GURU PEMBIMBING DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

Suhaeni (2016) PERANAN GURU PEMBIMBING DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untu kmengetahui (1) kemandirian beragama siswa (2) peranan guru pembimbing dalam meningkatkan kemandirian beragama siswa, dan (3) factor yang mempengaruhi peranan guru pembimbing dalam meningkatkan kemandirian beragamasiswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pekanbaru.Subjek penelitian ini adalah guru pembimbing dan siswa. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah peranan guru pembimbing dalam meningkatkan kemandirian beragama siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah satu orang guru pembimbing dengan menggunakan total sampling dan 72 siswa dengan menggunakan teknik proportional sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara terhadap guru pembimbing dan angket terhadap siswa.Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian beragama siswa berada pada kategori tergolong tinggi, dan guru pembimbing sudah melakukan perannya dalam meningkatkan kemandirian beragama. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru pembimbing agar mempertahankan dan meningkatkan peranya sehingga kemandirian beragama siswa lebih meningkat lagi dari kategori tergolong tinggi menjadi kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Feb 2016 08:45
Last Modified: 05 Feb 2016 08:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2415

Actions (login required)

View Item View Item