MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI TEKNIK ROUND CLUB ( KELILING KELOMPOK) DI KELAS V SEKOLAH DASAR 064 PEKANBARU

Mawaddah Fajrina, (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI TEKNIK ROUND CLUB ( KELILING KELOMPOK) DI KELAS V SEKOLAH DASAR 064 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Teknik Round Club (Keliling Kelompok) di Kelas V Sekolah Dasar 064 Pekanbaru. Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan pemggunaan teknik Round Club (keliling kelompok) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 064 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar negeri 064 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Teknik Round Club (keliling kelompok). Berdasakan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik Round Club (keliling kelompok) dapat meningkatkan aktivitasa belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V Sekolah Dasar negeri 064 pekanbaru, hal ini dapat dilihat dari persentase yang diperoleh siswa pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Yang mana persentase yang diperoleh pada pta siklus adalah 37 %, sedangkan pada siklus I persentase siswa meningkat menjadi 51 %, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 78 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Feb 2016 04:58
Last Modified: 05 Feb 2016 04:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2411

Actions (login required)

View Item View Item