Mahdalia (2016) PENENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 39 KECAMATAN SAIL PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (304kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (260kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui penerapan strategi cooperative script untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IVC Sekolah Dasar Negeri 39 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IVC Sekolah Dasar Negeri 39 Kecamatan Sail Pekanbaru. Pembelajaran lebih sering menggunakan strategi ekspositori yang menekankan penyampaian materi dari guru kepada siswa dan hanya siswa tertentu saja yang aktif di dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diterapkanlah strategi cooperative script sebagai upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVC Sekolah Dasar Negeri 39 Kecamatan Sail Pekanbaru tahun pelajaran 2015-2016 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi cooperative script untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisa data penelitian ini adalah dengan menggunakan tekhnik analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada sebelum tindakan yaitu 46% dengan kategori “Gagal” karena berada pada rentang 0-49%. Artinya aktivitas belajar siswa jauh dibawah indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Kemudian setelah menerapkan strategi cooperative script pada siklus I, diperoleh hasil bahwa aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 74,4% dengan kategori “baik” karena berada pada rentang 70%-79%. Akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa semakin meningkat menjadi 83,6% dengan kategori “Sangat Baik” artinya, sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan penerapan strategi cooperative script dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Negeri 39 Kecamatan Sail Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 05 Feb 2016 04:30 |
Last Modified: | 05 Feb 2016 04:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2407 |
Actions (login required)
View Item |