PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR PADA MATERI KOLOID

Maharani, (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest dan posttes, yang dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dan rendahnya hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar dan untuk mengetahui besarnya pengaruh model tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kampar pada materi koloid. Penelitian ini dilakukan menggunakan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari empat kelas, yaitu kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3 dan XI MIA 4. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas XI MIA 3 dipilih sebagai kelas ekperimen dan XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dapat dilihat dari data selisih nilai pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengolahan data dilakukan secara kuantitatif, yaitu dengan menggunakan t-test. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t-test diperoleh nilai t hitung = 3,00 dan ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung> ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil anallisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien pengaruh sebesar 13,04%. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inquiry, Sistem Koloid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Feb 2016 04:25
Last Modified: 05 Feb 2016 04:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2406

Actions (login required)

View Item View Item