Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS KIMIA DAGING BROILER YANG DIRENDAM DENGAN AIR PERASAN JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) DENGAN LAMA PERENDAMAN YANG BERBEDA

Yossi Felayati, 11381200546 (2019) KUALITAS KIMIA DAGING BROILER YANG DIRENDAM DENGAN AIR PERASAN JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) DENGAN LAMA PERENDAMAN YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB 4.pdf

Download (310kB)
[img] Text
kecuali bab 4.pdf

Download (14MB)

Abstract

KUALITAS KIMIA DAGING BROILER YANG DIRENDAM DENGAN AIR PERASAN JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) DENGAN LAMA PERENDAMAN YANG BERBEDA Yossi Felayati (11381200546) Dibawah bimbingan Irdha Mirdhayati dan Triani Adelina INTISARI Daging broiler adalah bahan pangan sumber protein hewani yang murah, aman, dan mudah diolah. Sebelum diolah daging broiler sering direndam dengan air perasan jeruk nipis. Pada buah jeruk nipis mengandung senyawa kimia seperti saponin, flavonoid, dan minyak atsiri yang dapat menurunkan kadar lemak dan kadar air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar lemak, kadar protein dan kadar air daging dada ayam broiler yang direndam dengan air perasan jeruk nipis pada lama perendaman yang berbeda. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 pengulangan. Perlakuan pada penelitian ini adalah waktu perendaman daging dalam air perasan jeruk nipis adalah 0 menit, 20 menit, 40 menit, 60 menit. Peubah yang diamati adalah kadar lemak, kadar air, dan kadar protein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perendaman menggunakan air perasan jeruk nipis dengan lama waktu perendaman selama 60 menit (T3) berpengaruh sangat nyata (P<0,01) dalam menurunkan kadar lemak dan kadar air yang terkandung di dalam daging dada ayam broiler dan meningkatkan proteinnya. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan lama perendaman daging dada ayam broiler dalam air perasan jeruk nipis mampu menurunkan kadar lemak dan kadar air juga meningkatkan proteinnya. Perlakuan terbaik adalah pada lama perendaman 60 menit, karena menghasilkan kadar lemak, sebesar 22,98%, kadar air sebesar 71,12% dan kadar protein sebesar 18,33%. Kata Kunci: perendaman, kadar lemak, kadar air, kadar protein.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 26 Dec 2019 07:48
Last Modified: 26 Dec 2019 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24004

Actions (login required)

View Item View Item