Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraph Siswa Kelas IVB Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Apit Kecamatan Sabak Auh

Wiwi Novira, - (2019) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraph Siswa Kelas IVB Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Apit Kecamatan Sabak Auh. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK WiwiNovira, (2019): Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraph Siswa Kelas IVB Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Apit Kecamatan Sabak Auh Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraph siswa pada tema kayanya negeriku Kelas IVB melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis paragraph siswa diantaranya, siswa merasakan kesulitan dalam menulis paragraph yang diberikan guru, siswa kurang tepat dalam penggunaan tanda baca dan ejaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 34 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition dan keterampilan menulis paragraph siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diketahui bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraph siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase sebelum tindakan keterampilan menulis paragraph siswa hanya mencapai 66,32% dengan kategori “Sangat Kurang”. Kemudian setelah diadakan tindakan pada siklus I, keterampilan menulis paragraph siswa meningkat mencapai 75,43% berada pada kategori “Baik”. Pada siklus II, keterampilan menulis paragraph siswa semakin meningkat mencapai 82,49% berada pada kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition ini dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraph siswa dikelas IVB Madrasah IbtidaiyahNegeri Sugai apit Kecamatan Sabak Auh. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition, Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraph

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Dec 2019 06:25
Last Modified: 26 Dec 2019 06:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23993

Actions (login required)

View Item View Item