Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA KECERDESAN INTELEGENSI ISTIMEWA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI KELAS CERDAS ISTIMEWA (CI) SMA NEGERI 8 PEKANBARU

Rara Puspita Arum, 11361206303 (2019) HUBUNGAN ANTARA KECERDESAN INTELEGENSI ISTIMEWA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI KELAS CERDAS ISTIMEWA (CI) SMA NEGERI 8 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNG.pdf

Download (12MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)

Abstract

Manusia pada hakikatnya mempunyai kemampuan untuk berprestasi (Khairani, 2017). Intelegensi merupakan kemampuan yang dibawa sejak lahir, bukan timbul secara tiba-tiba. Prestasi anak didik dipengaruhi oleh faktor bawaan sehingga motivasi berprestasi mereka rendah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan antara kecerdasan intelegensi istimewa dengan motivasi berprestasi pada siswa. Subjek penelitian adalah siswa/siswi cerdas istimewa di SMA Negeri 8 Pekanbaru, teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sensus, dengan jumlah sampel 32 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan skala psikologi yaitu dokumentasi kecerdasan intelegensi istimewa dan skala motivasi berprestasi. Hipotesis yang diajukan adalah tidak terdapat hubungan kecerdasan intelegensi istimewa dengan motivasi berprestasi di kelas Cerdas Istimewa (CI). Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik korelasi spearman rho dengan bantuan SPSS 17.00 For Window. Hasil dari penelitian data menunjukkan tidak ada hubungan antara kecerdasan intelegensi istimewa dengan motivasi berprestasi siswa cerdas istimewa (CI) dengan nilai koefisien sebesar r = -0,109 dengan taraf signifikan p=0,544. Kata kunci : Tingkat intelegensi, motivasi berprestasi, cerdas istimewa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 26 Dec 2019 07:04
Last Modified: 26 Dec 2019 07:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23992

Actions (login required)

View Item View Item