Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SUBSTITUSI TEPUNG TAPIOKA DENGAN TEPUNG SUKUN (Artocarpus communis) TERHADAP PERTUMBUHAN MIKROORGANISME SOSIS ASAP DAGING KERBAU

Dwi Rahmawati, - (2019) SUBSTITUSI TEPUNG TAPIOKA DENGAN TEPUNG SUKUN (Artocarpus communis) TERHADAP PERTUMBUHAN MIKROORGANISME SOSIS ASAP DAGING KERBAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)

Abstract

SUBSTITUSI TEPUNG TAPIOKA DENGAN TEPUNG SUKUN (Artocarpus communis) TERHADAP PERTUMBUHAN MIKROORGANISME SOSIS ASAP DAGING KERBAU Dwi Rahmawati (11481204153) Dibawah Bimbingan Irdha Mirdhayati dan Evi Irawati ABSTRAK Tepung sukun merupakan salah satu alternatif bahan pengisi dalam pembuatan sosis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengasapan terhadap mutu keamanan dan mengetahui pertumbuhan mikroorganisme sosis asap daging kerbau pada penggunaan tepung sukun sebagai substitusi tepung tapioka. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah substitusi tepung sukun terhadap tepung tapioka teridiri atas: P0 (tepung sukun 0% dan tepung tapioka 20%), P1 (tepung sukun 5% dan tepung tapioka 15%), P2 (tepung sukun 10% dan tepung tapioka 10%), P3 (tepung sukun 15% dan tepung tapioka 5%) dan P4 (tepung sukun 20% dan tepung tapioka 0%). Parameter yang diamati meliputi analisis Total Plate Count, Escherichia coli dan Coliform. Data hasil Total Plate Count dibahas dengan analisis sidik ragam sedangkan data Escherichia coli dan Coliform dianalisis nilai rata-rata dan dibahas secara deskriptif. Berdasarkan analisis sidik ragam menunjukkan bahwa perlakuan penggunaan tepung sukun sebagai substitusi tepung tapioka memberikan pengaruh yang tidak nyata (P>0,05) terhadap Total Plate Count sosis asap daging kerbau. Berdasarkan uji Escherichia coli dan Coliform pada sosis asap daging kerbau menghasilkan cemaran Escherichia coli dan Coliform yang rendah yaitu <3 APM/g. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa substitusi tepung tapioka dengan tepung sukun (Artocarpus communis) pada sosis asap daging kerbau memiliki mutu mikrobiologis yang memenuhi ketentuan batas cemaran mikroorganisme menurut SNI. Kata kunci: Substitusi, Pengasapan, sosis, tepung sukun, tapioka, mikroorganisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 26 Dec 2019 07:12
Last Modified: 26 Dec 2019 07:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23906

Actions (login required)

View Item View Item