Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Hubungan Pendidikan Agama Islam Non Formal Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di MTs Swasta Kecamatan Salo Kabupaten Kampar

Yulisman (2017) Hubungan Pendidikan Agama Islam Non Formal Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di MTs Swasta Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 201758PAI-S2 cover tesis.pdf

Download (261kB)
[img] Text
2. 201758PAI-S2 pengesahan yulisman.pdf

Download (296kB)
[img] Text
3. 201758PAI-S2 kata pengantar.pdf

Download (288kB)
[img] Text
4. 201758PAI-S2 daftat isi.pdf

Download (265kB)
[img] Text
5. 201758PAI-S2 Abtrak yulisman.pdf

Download (446kB)
[img] Text
6. 201758PAI-S2 BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
7. 201758PAI-S2 BAB II.pdf

Download (545kB)
[img] Text
8. 201758PAI-S2 Bab 3 YULISMAN.pdf

Download (394kB)
[img] Text
9. 201758PAI-S2 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
10. 201758PAI-S2 BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
11. 201758PAI-S2DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)

Abstract

Pendidikan agama Islam non formal yang dimaksud adalah pendidikan siswa sebelum memasuki Madrasah Tsanawiyah selain pendidikan formal diluar kegiatan lembaga sekolah yaitu berupa PDTA yang bertujuan untuk melengkapi pendidikan agama islam di lembaga pendidikan formal yang berkelanjutan. Sedangkan hasil belajar merupakan cerminan tingkat keberhasilan atau pencapaian tujuan dari proses belajar yang telah dilaksanakan yang diakhiri dengan suatu evaluasi. Pendidikan agama Islam non formal yang berupa PDTA (Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah) yang pernah dijalani siswa sebelumnya semestinya mempengaruhi hasil belajar pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada hubungan yang signifikan antara pendidikan agama Islam non formal dengan hasil belajar pendidikan agama Islam di MTs Swasta Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat kuantitatif asosiatif dengan menggunakan teknik analisis koefisien korelasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dengan rumus Pearson Product Moment, dan uji reliabilitas dengan Cronbach's Alpha. Uji asumsi klasik yang dilakukan ; uji normalitas, dan uji homogenitas. Pengolahan data dengan menggunakan program SPSS ( Statistical Product and Service Solutions )versi 20. Pengumpulan data dilakukan dengan angket tertutup terhadap sampel sebanyak 73 orang siswa MTs Swasta Kecamatan Salo. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendidikan agama Islam non formal (X ) sedangkan yang menjadi variabel terikat adalah hasil PAI (Y ). Berdasarkan pengolahan data penelitian nilai probabilitas atau sig (2-tailed) adalah sebesar 0,394 lebih besar dari 0,05. Atau dengan menggunakan tabel korelasi Product moment, dengan cara memandingkan antara koefisien korelasi (r- hitung )dengan nilai tabel korelasi Product moment (r- tabel ), koefisien korelasi -0,101 lebih kecil dari 0,232 pada taraf signifikansi 5% dan 0,302 taraf signifikansi 1% dengan df =73-2 = 71. Dengan demikian hipotesis yang diterima yaitu hipotisis Nihil (H0 ) yang diasumsikan tidak ada hubungan yang signifikan antara pendidikan agama Islam non formal dengan hasil belajar PAI di MTs swasta Kecamatan Salo.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 23 Dec 2019 07:26
Last Modified: 23 Dec 2019 07:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23882

Actions (login required)

View Item View Item