HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) BUKIT RAYA UNGGUL DAN BERKARAKTER (UK) PEKANBARU

Endon Dwi Astuti, (2016) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) BUKIT RAYA UNGGUL DAN BERKARAKTER (UK) PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemahaman konsep diri dengan motivasi belajar siswa . Penelitian ini bersifat korelasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dan objeknya adalah hubungan pemahaman konsep diri dengan motivasi belajar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya UK Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 277 orang, karena banyaknya jumlah populasi maka penulis mengambil sampel dengan mengguankan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data tersebut dianalisis secara korelasi, yang kedua variabelnya bersifat ordinal dan interval, maka data dianalisis menggunakan teknik korelasi product moment. Setelah melakukan penelitian penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa terdapat hubungan yang signifikan dari pemahaman konsep diri dengan motivasi belajar siswa di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya UK Pekanbaru, dengan mengetahui bahwa rxy > rt = 0,429 > 0,159 pada taraf signifikan 5 % tolak Ho terima Ho , sedangkan pada rxy > rt = 0,429 > 0,208 pada taraf signifikan 1 % tolak Ho . Ini berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Artinya semakin positif pemahaman konsep diri siswa maka akan semakin tinggi motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Feb 2016 07:52
Last Modified: 03 Feb 2016 07:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2381

Actions (login required)

View Item View Item