Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGANTIAN TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG KEONG MAS (Pomacea canaliculata L.) DALAM RANSUM BASAL TERHADAP PRODUKSI KARKAS DAN KALSIUM DARAH AYAM RAS PEDAGING FASE STARTER

Elvy Chardila, - (2019) PENGGANTIAN TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG KEONG MAS (Pomacea canaliculata L.) DALAM RANSUM BASAL TERHADAP PRODUKSI KARKAS DAN KALSIUM DARAH AYAM RAS PEDAGING FASE STARTER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
gabung.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)

Abstract

Keong Mas yang mengandung kadar protein kasar dan kalsium yang cukup tinggi berpotensi untuk diolah menjadi tepung sebagai pengganti tepung ikan dalam ransum unggas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase optimal penggunaan tepung keong mas sebagai pengganti tepung ikan dalam ransum terhadap produksi karkas, bobot karkas, persentase karkas, bobot lemak abdominal dan konsentrasi kalsium darah ayam ras pedaging. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Februari sampai Maret tahun 2019 di Laboratorium Agriculture Research and Development Station (UARDS), Laboratorium Teknologi Produksi Ternak Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan Laboratorium Klinik Swasta Pekanbaru. Perlakuan dalam penelitian ini adalah pemberian TKM sebagai pengganti Tepung Ikan pada ransum basal dengan level 0, 3, 6, dan 9%. Ransum perlakuan ini diberikan mulai umur ayam 1 hari sampai 21 hari. Hewan percobaan yang digunakan berjumlah 60 ekor tanpa membedakan jenis kelamin. DOC dipelihara dalam 20 petak kandang dan tiap kandang diisi 3 ekor ayam. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan yang masing-masing perlakuan diulang 5 kali. Hasil penelitian ini menunjukkan pemberian TKM pada level 3% pada ransum basal menghasilkan bobot badan akhir dan bobot karkas yang sama dengan kontrol dibandingkan dengan perlakuan lainnya (P<0,01). Pemberian tepung keong mas pada level 6-9% pada ransum basal tidak memberikan pengaruh terhadap persentase karkas dan konsentrasi kalsium darah (P>0,01). Kesimpulan pada penelitian ini adalah TKM dapat digunakan sebagai pengganti tepung ikan dalam ransum basal sampai pada level 3% untuk mempertahankan produksi karkas ayam ras pedaging dan konsentrasi kalsium darah. Kata kunci: tepung keong mas, ayam pedaging, bobot badan akhir, bobot karkas, persentase karkas, bobot lemak abdominal, kalsium darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 23 Dec 2019 03:57
Last Modified: 23 Dec 2019 03:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23805

Actions (login required)

View Item View Item