Yunita, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI DI SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN AISYIYAH RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
GABUNAGAN TANPA BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
Abstract
Yunita, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran E-learning terhadap Efektivitas Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Aisyiyah Riau Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran e-learning terhadap efektivitas belajar mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi di Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Aisyiyah Riau. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada mahasiswa yangtidak mau bertanya terhadap materi yang tidak dipahaminya, masih ada mahasiswa yang tidak memperhatikan dosen pada saat menjelaskan materi pembelajaran, masih ada mahasiswa yang tidakmempelajari materi pembelajaran yang diberikan dosen, masih ada mahasiswa yangkurang mampu mengingat materi pembelajaran yang telah diajarkan oleh dosen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi yang berjumlah 35 orang mahasiswa. Sedagkan sampelnya adalah 30 orang mahasiswa yang masih aktif menggunakan e-learning dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran e-learning tergolong cukup baik dengan persentase 60%. Begitu juga efektivitas belajar tergolong baik dengan persentase 63,08%. Sedangkan pada pengaruh antara model pembelajaran e-learning terhadap efektivitas pembelajaran mahasiswa tergolong signifikan yaitu sebesar 51,4%, sedangkan sisanya 48,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran E-learning, Efektivitas Belajar Mahasiswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 07:40 |
Last Modified: | 20 Dec 2019 07:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23755 |
Actions (login required)
View Item |