Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS BAHAN BIOGAS DAN BIOGAS DARI FESES SAPI DAN LIMBAH KULIT NANAS (Ananas comosus L. Merr)DENGAN C/N RASIO YANG BERBEDA

Asmiarti, 11481204632 (2019) KUALITAS BAHAN BIOGAS DAN BIOGAS DARI FESES SAPI DAN LIMBAH KULIT NANAS (Ananas comosus L. Merr)DENGAN C/N RASIO YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV. HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB)

Abstract

KUALITAS BAHAN BIOGAS DAN BIOGAS DARI FESES SAPI DAN LIMBAH KULIT NANAS (Ananas comosus L. Merr)DENGAN C/N RASIO YANG BERBEDA Asmiarti (11481204632) Dibawah bimbingan Arsyadi Ali dan Edi Erwan INTISARI Biogas adalah gas yang dihasilkan dari aktivitas biologi dalam proses fermentasi anaerob dan sebagai energi terbarukan. Limbah nanas mengandung karbohidrat 6,41%, mineral dan protein mentah 0,6% berpotensi sebagai substrat fermentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas bahan biogas dan biogas yang dihasilkan dari campuran feses sapi dan limbah kulit nanas dengan rasio C/N yang berbeda, sehingga diketahui campuran yang paling optimal. Tiga perlakuan berdasarkan perbedaan rasio yaitu C/N 22.12, C/N 34 dan C/N 35 dengan enam ulangan. Digester tipe batch-feeding kapasitas 19 liter digunakan selama pengamatan. Parameter yang diamati adalah nilai pH, temperatur, dan uji nyala api. Perbedaan rataan di uji dengan Duncan’s Multiple Range Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan komposisi substrat yang terdiri dari feses sapi dan limbah kulit nanas mampu memberikan pengaruh terhadap pH awal, temperatur, dan uji nyala api. Berdasarkan hasil dari penelitian komposisi substrat C/N 22,12 dapat memberikan kualitas biogas yang terbaik dibandingkan perlakuan lainnya. Kata kunci : biogas, feses sapi, limbah kulit nenas, pH, temperatur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 18 Dec 2019 08:03
Last Modified: 18 Dec 2019 08:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23522

Actions (login required)

View Item View Item