Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ENGARUH PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

Nelda, - (2019) ENGARUH PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf

Download (375kB)

Abstract

ABSTRAK Nelda, (2019): Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode outdoor learning terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Penelitin ini dilatarbelakangi oleh adanya pemahaman siswa yang rendah, siswa mendapatkan nilai rendah dan tidak dapat menjawab pertanyaan guru. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Subjek penelitian ini yakni guru dan siswa. Sedangkan objek penelitian adalah penerapan metode outdoor learning terhadap pemahaman siswa. Teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji test t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode outdoor learning berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru, hal ini di buktikan dari perhitungan di dapatkan thitung > ttabel, (4.423>1.684 dan signifikansi < 0.05 (0.00 < 0.05), selain itu hasil penelitian juga menunjukan bahwa data pretest kelas ekperimen rata-rata aktivitas belajar mencapai 68,75 sedangkan setelah dilakukan penerapan metode outdoor learning data postest kelas eksperimen rata-rata pemahaman siswa mencapai 84,75 sedangkan postest kelas kontrol mencapai 74,25. Dengan demikian Ha Diterima dan H0 ditolak, yang berarti terdapat perbedaan antara variabel kelas eksperimen dengan variabel kelas Kontrol, dimana kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kata Kunci: Metode Outdoor Learning, Pemahaman Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Dec 2019 07:08
Last Modified: 18 Dec 2019 07:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23516

Actions (login required)

View Item View Item