KOMPARATIF HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATIONDENGAN TEAMGAME TOURNAMENT DISEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU

LISA SUSANTI, (2012) KOMPARATIF HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATIONDENGAN TEAMGAME TOURNAMENT DISEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012381.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangidenganbanyaknyapermasalahan yang munculdilapangandanrendahnyanilaisiswadalamhasilbelajar.Penelitianinimenggun akandua model pembelajarankooperatifyaitumodel pembelajarankooperatiftipeTeam Assisted Individualization (TAI) dengan Team GameTournament (TGT).PenelitianinibertujuanMengetahuiapakahadaperbedaan yang signifikanantara model pembelajarankooperatiftipeTeam Assisted Individualization (TAI) dengan Team GameTournament (TGT) terhadaphasilbelajarmatematikakelas di SekolahMenengahPertamaNegeri 23 Pekanbaruinidenganrumusanmasalahnyaadalah “Apakahadaperbedaan yang signifikanantarasiswa yang diajarkandenganmenggunakan model pembelajarankooperatiftipeTeam Assisted Individualizationdengansiswa yang diajarkandengan model pembelajarankooperatiftipe Team GameTournamentsiswakelas VII SMPN 23 Pekanbaru?”. Penelitianinimerupakanpenelitianquasi eksprimen.Padapenelitianinipenelitiberperansebagaiobserver.Dalampenelitianinipe mbelajarankooperatiftipeTeam Assisted Individualizationsebagaivariabel X1 dankooperatiftipeTeam GameTournamentsebagai X2, hasilbelajarsebagaivariabel Y. Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas VII dansampel yang digunakanadalahkelas VIIF sebagaikelaseksperimendansiswakelasVIIGsebagaikelaskontrol. Tekniksampelyang digunakanadalahPurposive Samplingyaitudidasarkanatasadanyapertimbangantertentu. Subjekdalampenelitianinikelas VII yang berjumlah 60 orang, danobjeknyaadalahhasilbelajar yang menggunakanpembelajarankooperatiftipeTeam Assisted IndividualizationdanTeam GameTournament.Teknikpengumpulan data berupaobservasi, dokumentasi, dantes. Data diolahmenggunakanrumustes “t” sebesar 1,40 yang mananilaisignifikan yang diperolehdariperhitunganlebihkecildaritarafsignifikan1% dan 5%, dengan kata lain H0 diterimadan Ha ditolak. Berdasarkanhasilanalisis data tersebut, diambilkesimpulanbahwatidakterdapatperbedaan yang signifikanhasilbelajarmatematikakelas VII menggunakan model pembelajarankooperatiftipeTeam Assisted IndividualizationdanTeam GameTournamentdi SMPN 23 PekanbarupadapokokbahasanGarisdanSudut yang dibuktikandenganperbedaan rata-ratanyayaitu, 80,65 untuk rata-rata model pembelajarankooperatiftipeTeam Assisted Individualizationdan 76,20 rata-rata untuk model pembelajarankooperatiftipeTeam GameTournament. Kemudianpenelitimenyarankankepada guru untukdapatmenerapkankedua model

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 02:24
Last Modified: 03 Feb 2016 02:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2351

Actions (login required)

View Item View Item