Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PAPAN BERPAKU DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 009 SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Ardi Yulis (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PAPAN BERPAKU DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 009 SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui media papan berpaku di kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui media papan berpaku di kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media papan berpaku untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dengan tahapan, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, Siklus I, dan Siklus II. Pada sebelum dilakukan tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 50% atau 8 orang siswa yang tuntas, dan 8 orang siswa atau 50% yang belum tuntas. Pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 10 orang atau ketuntasan hanya mencapai 62.5%. pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 13 orang siswa atau dengan persentase 81.25%. Dengan demikian, penggunaan media papan berpaku, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kecamatan Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Feb 2016 07:02
Last Modified: 02 Feb 2016 07:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2338

Actions (login required)

View Item View Item