PENERAPAN STRATEGI PRACTICE-REHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR 105 PEKANBARU

Anis Zahrotun Nisa, (2016) PENERAPAN STRATEGI PRACTICE-REHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR 105 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kearganegaraan dengan penerapan strategi practice rehearsal pairs. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan strategi practice-rehearsal pairs untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V di Sekolah Dasar 105 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan tiap siklus yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang masing masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 105 tahun pelajaran 2014-2015 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi practice-rehearsal pairs untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data peneliltian ini adalah dengan menggunakan teknik analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada sebelum tindakan yaitu 41,65% dengan kategori “gagal” karena berada pada rentang 0- 49%. Artinya aktivitas belajar siswa sebelum tindakan jauh di bawah indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Kemudian seteleh menerapkan strategi practice-rehearsal pairs ternyata aktivitas belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I dengan mencapai 55,25% dengan kategori “cukup” karena berada pada rentang 41-60%. Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat dari 55,25% menjadi 82,60 dengan kategori “Sangat Baik” kaarena pada rentang 81- 100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indicator keberhasilan yang telah ditetakan, yaitu 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan srtategi practice-rehearsal pairs dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas Vc di Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Feb 2016 06:57
Last Modified: 02 Feb 2016 06:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2337

Actions (login required)

View Item View Item