Abdul Rahman (2016) PENERAPAN METODE PENUGASAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH JAMIATUL ISLAMIYAH SUNGAI NIBUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (254kB) | Preview |
Abstract
Tujuan yang diharapkan tercapai setelah penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode penugasan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul Islamiyah Sungai Nibung Desa Sungai Intan Kecamatan Tembilahan Hulu. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan metode penugasan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul Islamiyah Sungai Nibung Desa Sungai Intan Kecamatan Tembilahan Hulu?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang berjumlah 1 orang dan siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul Islamiyah Sungai Nibung Desa Sungai Intan Kecamatan Tembilahan Hulu Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode penugasan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul Islamiyah Sungai Nibung Desa Sungai Intan Kecamatan Tembilahan Hulu. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada peningkatan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul Islamiyah Sungai Nibung Desa Sungai Intan Kecamatan Tembilahan Hulu melalui penerapan metode penugasan. Dari hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh motivasi belajar siswa sebelum tindakan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial hanya mencapai 47%. Pada siklus I motivasi belajar siswa tergolong Baik karena 65% berada pada rentang 61%-80%, setelah diperbaiki pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 87% dengan kategori Sangat Baik karena terletak pada interval 81%-100%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 02 Feb 2016 04:38 |
Last Modified: | 02 Feb 2016 04:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2334 |
Actions (login required)
View Item |