Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 PEKANBARU

ADE YULINDA SARI, 11316201266 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
cover+bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)

Abstract

ABSTRAK Ade Yulinda Sari, (2019) : Pengaruh Penggunaan Variasi Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan rumusan masalah adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan variasi media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru? Serta tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan guru ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah pengaruh penggunaan variasi media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru. Dan untuk populasinya adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru yang terdapat 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 521 siswa. Dengan sampel menggunakan tekhnik purposive sampling, yaitu pertimbangan penelliti mengambil sampel yakni pada kelas XI, sehingga sampel penelitian ini adalah sebanyak 41 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian menunjukan terdapat pengaruh variasi media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru, hal ini ditunjukan dengan hasil rhitung yakni 0,705 bila di bandingkan dengan rtabel yakni pada df=41-2=39 pada taraf signifikan 5% yakni 0,316 sedangkan 1% yakni 0,408, maka dapat dikatakan bahwa rhitung lebih besar dibandingkan rtabel (0,408<0,705>0,316) ini berarti Ha diterima, Ho ditolak. Adapun besar pengaruhnya yakni 49,5% tergolong sedang sedangkan sisanya 50,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Variasi Media Pembelajaran, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Dec 2019 02:53
Last Modified: 13 Dec 2019 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23308

Actions (login required)

View Item View Item