Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SUBTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG JEROAN IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus) TERHADAP PERFORMA AYAM RAS PEDAGING PERIODE STARTER

Gian Alfin, 1158112231 (2019) SUBTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG JEROAN IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus) TERHADAP PERFORMA AYAM RAS PEDAGING PERIODE STARTER. Skripsi thesis, UNIVEERSITA ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)

Abstract

SUBTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG JEROAN IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus) TERHADAP PERFORMA AYAM RAS PEDAGING PERIODE STARTER Gian Alfin (11581102231) Di bawah bimbingan Evi Irawati dan Eniza Saleh INTISARI Jeroan ikan patin (Pangasius hypopthalmus) merupakan limbah perikanan yang memiliki potensi untuk dijadikan bahan pakan unggas dan belum ada dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung jeroan ikan patin sebagai pengganti tepung ikan komersial terhadap performa ayam ras pedaging periode starter meliputi konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum dan indeks performa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2019 di laboratorium UIN Agriculture Research and Development Station (UARDS) Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Suska Riau. Penelitian ini menggunakan 80 ekor DOC strain cobb yang diberi ransum basal dengan subtitusi tepung ikan dengan tepung jeroan ikan patin yang dipelihara selama 21 hari. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan terdiri dari P0 (kontrol: 100% TIK + 0% TJIP), P1 (75% TIK + 25% TJIP), P2 (50% TIK + 50% TJIP), P3 (25% TIK + 75% TJIP), dan P4 (0% TIK + 100% TJIP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subtitusi tepung ikan dengan tepung jeroan ikan patin dalam ransum sampai 100% memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan indeks performa meningkat, dan menurunkan konversi ransum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah subtitusi tepung ikan dengan tepung jeroan ikan patin sampai level 100% dalam ransum dapat mempertahankan performa ayam ras pedaging periode starter. Kata Kunci : Ayam ras pedaging, Tepung ikan, Jeroan ikan patin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 06 Dec 2019 03:07
Last Modified: 06 Dec 2019 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23064

Actions (login required)

View Item View Item