Khairul Amin (2011) KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011521.pdf Download (767kB) | Preview |
Abstract
ii Penelitian ini sebagai persyaratan memperoleh gelar sarjana strata satu (S1) pada jurusan Pendidikan Agama Islam di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan penelitian ini untuk mengungkapkan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan judul penelitian ini yaitu: 1. Bagaimanakah Kompetensi guru mata pelajaran fiqih dalam mengelola pembelajaran di Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. 2. Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi guru mata pelajaran fiqih dalam mengelola pembelajaran di Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran fiqih di Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar sebanyak 5 orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan dilakukan di Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Teknik mengumpulkan data penulis mengunakan tenik observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya data di analisis dengan mengunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil akhir penelitian ini, maka penulis menyimpulkan bahwa kompetensi guru mata pelajaran fiqih dalam mengelola pembelajaran di Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar tergolong cukup dengan angka persentase 58,75% sesuai dengan standar penulis tetapkan jika nilai berkisar pada 56%-65% maka menunjukan bahwa kompetensi guru mata pelajaran fiqih dalam mengelola pembelajaran cukup. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran adalah faktor internal dan eksternal yang meliputi: latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, menggikuti pelatihan keguruan, kesadaran akan kewajiban sebagai guru, sarana dan prasarana, kepemimpinan kepala sekolah, kesejahteraan guru, kegiatan pembinaan guru dan peran serta masyarakat. Berdasarkan temuan penulis tersebut, ada beberapa hal yang masih perlu di perbaiki. Maka penulis menyarankan kepada pihak Pondok Pesantren dan khususnya guru mata pelajaran fiqih untuk menigkatkan kompetensi guru dalam megelola pembelajaran di Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 01 Feb 2016 07:05 |
Last Modified: | 01 Feb 2016 07:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2303 |
Actions (login required)
View Item |