HAKIKAT BELAJAR MENURUT PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Winarti Ningsih, (2011) HAKIKAT BELAJAR MENURUT PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011507.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis melihat banyak orang yang telah membuat karya ilmiah bertemakan belajar, akan tetapi pada umumnya mereka hanya membahas secara umum. Maka untuk mengetahui hakikat belajar lebih jauh, dibutuhkan penelitian lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami lebih jauh tentang hakikat belajar menurut perspektif Al-Qur’an. Tekhnik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tafsir Tematik atau yang dikenal juga dengan nama metode tafsir Mawdhu’iy. Langkah-langkah atau cara kerja metode tafsir Mawdhu’iy ini dapat dirinci sebagai berikut; Menetapkan masalah yang akan dibahas, Menghimpun ayat-ayat yang berkaitan dengan masalah tersebut, Menyusun runtutan ayat sesuai dengan masa turunnya, Mengetahui korelasi ayat-ayat tersebut dalam masing-masing surahnya, Menyusun pembahasan dalam kerangka yang sempurna, Melengkapi pembahasan dengan hadits yang relevan dengan pokok bahasan, Mempelajari ayat-ayat tersebut secara tematik dan menyeluruh dengan cara menghimpun ayat-ayat yang mengandung pengertian yang sama. Berdasarkan analisis yang telah penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa hakikat belajar menurut perspektif Al-Qur’an adalah perubahan, yaitu pencarian dan perolehan ilmu di mana ia mendatangkan pengaruh atau perubahan kepada sipelajar baik dengan cara bertanya, melihat ataupun mendengar.. Bertambahnya ilmu sebagai efek dari belajar maka bertambah pula keyakinan kepada Sang Pencipta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 07:00
Last Modified: 01 Feb 2016 07:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2298

Actions (login required)

View Item View Item