Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PRODUKTIVITAS AYAM BROILER FASE STARTER YANG DIBERI TEPUNG DAUN INDIGOFERA sp. SEBAGAI PAKAN TAMBAHAN PADA RANSUM KOMERSIAL

Ulul Azmi AB, - (2019) PRODUKTIVITAS AYAM BROILER FASE STARTER YANG DIBERI TEPUNG DAUN INDIGOFERA sp. SEBAGAI PAKAN TAMBAHAN PADA RANSUM KOMERSIAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
18. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

PRODUKTIVITAS AYAM BROILER FASE STARTER YANG DIBERI TEPUNG DAUN INDIGOFERA sp. SEBAGAI PAKAN TAMBAHAN PADA RANSUM KOMERSIAL Ulul Azmi AB (11381100396) Di bawah bimbingan Edi Erwan dan Eniza Saleh INTISARI Ayam broiler merupakan ternak ayam pedaging yang paling cepat pertumbuhannya, hal ini karena ayam pedaging merupakan hasil budidaya yang menggunakan teknologi maju, sehingga memiliki sifat-sifat ekonomi yang menguntungkan. Keuntungan yang dimaksud dapat berupa pertumbuhan ayam yang bagus, produksi karkas yang baik dan daging optimal dengan produk sampingan yang juga dapat diuangkan. Ayam pedaging fase starter membutuhkan protein sekitar 23% dengan energi metabolisme (3200 kkal/kg), Pakan dengan protein tinggi pada fase starter diharapkan dapat mengoptimalkan pertumbuhan anak ayam pedaging, sehingga dapat meningkatkan bobot badan diawal pemeliharaan. Salah satu upaya adalah dengan penambahan Indigofera sp. pada pakan komersial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tepung Indigofera sp. sebagai pakan tambahan pada ransum komersial terhadap peforma ayam pedaging fase starter. Bibit yang akan digunakan adalah anak ayam pedaging (broiler) fase starter yang berjumlah 60 ekor tanpa pembeda jenis kelamin (unsexing). Ransum yang digunakan adalah ransum komersial vivo 311 untuk starter umur 1-21 hari dan tepung Indigofera sp. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 5 ulangan sehingga total unit kandang penelitian adalah 20 unit kandang. Perlakuan dalam penelitian ini sebagai berikut : T0 = Kontrol, T1= 3% TDI, T2 = 6% TDI, T3 = 9% TDI. Peubah yang diamati meliputi konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung daun Indigofera sp. dalam ransum komersial tidak memberikan hasil yang berbeda. Kesimpulannya adalah penambahan tepung daun Indigofera hingga 9% dalam ransum komersial tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap performa ayam broiler meliputi konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Kata Kunci: Tepung Indigofera. sp, performa ayam broiler, konsumsi ransum, pertambahan berat badan, konversi ransum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 28 Nov 2019 08:43
Last Modified: 28 Nov 2019 08:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22869

Actions (login required)

View Item View Item