Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN KEBUTUHAN AFILIASI DAN LONELINESS DENGAN INTENSITAS MENGAKES MEDIA SOSIAL WHATSAPP PADA MAHASISWA UIN SUSKA RIAU.

Rio Sumbari Putra, - (2019) HUBUNGAN KEBUTUHAN AFILIASI DAN LONELINESS DENGAN INTENSITAS MENGAKES MEDIA SOSIAL WHATSAPP PADA MAHASISWA UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
COVER-LAMPIRAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (19MB)

Abstract

Rio Sumbari Putra Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Rio.Sumbari.Putra@Students.uin-Suska.ac.id ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebutuhan afiliasi dan loneliness dengan intensitas mengakses media WhatsApp pada mahasiswa. Mahasiswa yang terpengaruh oleh kemajuan teknologi rentan mengalami loneliness, maka kebutuhan afiliasi muncul untuk mencari, membangun serta mempertahankan hubungan antar individu melalui media sosial WhatsApp. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa UIN Suska Riau yang berjumlah 240 orang dengan rentang usia 18-21 tahun. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala kebutuhan Afiliasi, Loneliness, dan Intensitas mengakses media sosial. Penelitian ini menggunakan skala likert.Uji validasi menggunakan metode professional judgement, dan uji reliabilitas menggunakan metode cronbach alpha. Pengujian analisis menggunakan analisis uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kebutuhan afiliasi, loneliness dengan intensitas mengakses media sosial WhatsApp pada mahasiswa UIN Suska Riau yakni dengan perolehan r = 0,288 dan p = 0,000. Artinya terdapat hubungan positif signifikan antara kebutuhan afiliasi, loneliness dan intensitas mengakses WhatsApp pada mahasiswa UIN Suska Riau dengan sumbangan total kebutuhan afiliasi dan loneliness terhadap intensitas penggunaan media sosial WhatsApp pada mahasiswa sebesar 7,5%, dan sisanya 92,5 % ditentukan oleh faktor lain diluar penelitian ini. Kata kunci : Kebutuhan Afiliasi, Loneliness, Intensitas mengakses media sosial WhatsApp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 26 Nov 2019 02:46
Last Modified: 26 Nov 2019 02:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22810

Actions (login required)

View Item View Item